5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Jantung

Selasa, 18 Februari 2020 - 13:30 WIB
5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Jantung
5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Jantung
A A A
JAKARTA - Jantung merupakan salah satu organ paling vital pada tubuh manusia, sehingga tiap orang akan berusaha menjaganya agar tetap sehat. Dari menjaga pola makan hingga olahraga dilakukan seseorang untuk menjadikan jantungnya aktif secara positif.

Di luar dari itu sebetulnya terdapat beberapa hal sederhana yang dapat merusak jantung secara perlahan. Dikutip dari laman Times of India, berikut lima hal di antaranya.

1. Menonton TV

Jika Anda berpikir karena sudah rutin berolahraga lalu menonton televisi seharian akan baik-baik saja, maka itu adalah salah. Duduk berjam-jam di depan TV atau maraton menonton film mampu meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Kebiasaan ini dikarenakan kurangnya gerak dan berdampak negatif pada kadar lemak dan gula pada tubuh seseorang.Menonton TV atau terpaku di depan layar sebetulnya bukan hal yang sepenuhnya buruk. Namun, tentu jika dilakukan secara bijak. Peneliti menyarankan agar Anda bangun setiap 15-30 menit sekali untuk aktif bergerak.
2. Mendengkur
Berapa banyak dari Anda yang memiliki pasangan atau kerabat di rumah yang mendengkur? Mendengkur bukan persoalan sepele. Selain mengganggu, kebiasaan ini juga menjadi pertanda masalah kesehatan. Mendengkur bisa menjadi tanda sleep apnea, yang terkait dengan tekanan darah tinggi, gagal jantung, stroke, dan aritmia. Konsultasikan pada ahli apabila Anda atau kerabat Anda mengalami kebiasan mendengkur yang akut.

3. Flossing Gigi
Flossing atau membersihkan area gigi Anda dengan benang memang dianggap membantu. Namun, kebiasaan ini dapat menyebabkan penyakit gusi dan penyakit jantung. Bakteri yang bertanggung jawab untuk penyakit gusi dapat memasuki aliran darah Anda dan menyebabkan peradangan. Satu-satunya cara tepat yang harus dilakukan agar gigi Anda sehat adalah rutin mengunjungi dokter gigi.

4. Kurang Asupan Buah dan Sayur
Penelitian telah menemukan bahwa orang yang makan buah dan sayuran setiap hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke dibandingkan orang yang makan tiga porsi atau lebih sedikit buah dan sayuran per hari. Masukkan komponen buah dan sayur untuk kebutuhan jantung yang lebih sehat.

5. Kecanduan Alkohol
Alkohol merupakan minuman yang buruk jika dikonsumsi terlalu sering. Minum sedikit saja telah dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi yang lebih besar, hingga menyebabkan keadaan yang terlalu banyak lemak darah dan gagal jantung. Hindari konsumsi alkohol sesering mungkin dan ganti dengan minuman yang lebih sehat.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5993 seconds (0.1#10.140)